Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Setelah melahirkan tubuh anda akan dirancang untuk dapat mengalihkan cadangan zat gizi yang ada untuk menghasilkan produksi ASI yang berkualitas. Dengan kata lain, tubuh anda tidak akan mungkin menghasilkan ASI dengan kualitas yang buruk, terkecuali jika anda memang kekurangan gizi. Tidak sedikit orangtua yang selalu memberikan produk perawatan bayi dalam jumlah banyak agar bayinya harum.

Cara membuat anak sehat dan gemuk

Saat bayi dilahirkan ke dunia ini, ia hanya akan menghabiskan waktunya dengan makan dan tidur. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan waktu tidur bayi anda. Agar berat badan bayi meningkat, berikut ini beberapa suggestions yang bisa bunda lakukan Depo E-money mengenai jam tidur bayi. Meskipun telah berusaha sekeras tenaga dengan memberikan perawatan terbaik untuk buah hati, tapi bukan berarti anda merawat si kecil dengan benar. Terkadang beberapa hal sering ibu lupakan padahal itu adalah hal penting agar berat badan bayi cepat naik.

Jika pada orang dewasa, jam tidur yang cukup berkisar antara 6-8 jam per harinya, waktu tidur bayi bisa berkisar antara jam per harinya. Jika waktu tidurnya kurang, si kecil bisa sering rewel sehingga susah makan dan berdampak pada penurunan berat badan. Jika jam makannya telat, maka jam tidurnya juga akan berpengaruh. Tidak hanya makanan ibu menyusui agar bayi gemuk saja yang perlu diperhatikan, asupan vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk juga wajib Moms perhatikan. Tapi Moms tidak boleh asal mengonsumsi vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk ini. Telur memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat mencukupi kebutuhan kalori si kecil sehingga dapat membuat anak cepat gemuk serta membantu perkembangan otak anak.

Salah satu trik untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan menukar air putih dengan susu atau jus. Jika anak haus, berilah susu rendah lemak dan rendah gula atau jus buah untuk memuaskan dahaganya. Jika anak Mum intoleransi laktosa, Mum dapat memberinya alternatif susu, seperti susu kedelai, susu almond, atau susu oat.

Banyak “alternatif sehat” yang disarankan untuk dimakan orang dewasa tidak cocok untuk anak kecil dan balita. Dr. Kim menyarankan tiga hal yang dapat dilakukan – dan solusinya bergantung pada orangtua untuk membantu anak mempertahankan berat badan yang sehat. Daya tarik gemuk itu justru dengan cepat bisa menjadi masalah kesehatan. “Penting bagi ibu untuk mengetahui apakah bayi sudah mendapat ASI dengan baik, jangan sampai anak hanya ‘menggigit’ payudara’. Ketika bayi tidak minum banyak, melakukan kompresi bisa membantu,” jelas dr. Newman. Apabila bayi diberi susu formulation dan tidak diberi ASI, maka selalu ikuti petunjuk penyajian dalam kemasan produk.

Meskipun anak memiliki asupan yang cukup, namun jika mereka memiliki kapasitas pankreas yang buruk maka yang dapat terjadi adalah anak susah gemuk. Kapasitas pankreas yang buruk biasanya ditandai dengan buang air yang lebih besar dari ukuran normal, berbusa, longgar, berbau busuk, dan berminyak. ASI mengandung protein yang dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan berat badan bayi prematur. Selain itu, tidak hanya berat badan, panjang tubuh dan lingkar kepala bayi prematur pun juga bertumbuh lebih pesat. Sumber vitamin dan asam amino tambahan untuk anak-anak ini berguna untuk memelihara kesehatan serta membantu memperbaiki nafsu makan anak. Kombinasi vitamin B kompleks, termasuk niacinamid dan pantothenic acid dengan kurkuminoid juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan nitrogen tubuh.

Ketika nafsu makan anak menurun, Anda dapat menyiasatinya dengan mengurangi porsi makan dalam bentuk yang lebih kecil tetapi dalam frekuensi yang lebih sering. Berikan juga menu makanan yang bervariasi sehingga membuat anak mau mencobanya. Tambahkan suplemen vitamin penambah nafsu makan pada anak yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Memiliki anak-anak yang cenderung memilih jenis makanan tertentu seringkali membuat anak susah gemu. Meskipun begitu, tugas orang tua haruslah memantau asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak.

Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu mengenai kondisi bayi Anda sejelas mungkin pada dokter. Yang jelas, selama ibu memenuhi asupan nutrisi maka nutrisi yang ibu konsumsi akan masuk dan memperkaya dalam kandungan nutrisi ASI. Jika Anda telah menerapkan food regimen sehat dengan menggunakan pedoman ini ditambah dengan saran dari doker, Anda harus memantau peningkatan dan pertumbuhan badan anak Anda. Jika anak biasanya minum minuman manis, mulailah menguranginya dan menggantinya secara bertahap dengan air dengan tujuan akhir untuk menghentikan minuman manis sepenuhnya.