Pengertian Cryptocurrency

Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang diimplementasikan oleh seorang atau suatu kelompok anonim dengan sebutan Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin merupakan mata uang digital yang tidak terikat dengan lembaga maupun financial institution manapun. Dioperasikan melalui teknologi blockchain, sejenis database akuntansi yang merekam semua rekam jejak kronologis transaksi penggunanya, peer-2-peer dan bersumber terbuka.

Apakah Crypto halal?

Imbal hasil yang tinggi memang menjadi penyebab utama seseorang terdorong untuk menanamkan uangnya, dan kebetulan Bitcoin menawarkan itu. Kasus semacam ini bisa terjadi pada instrumen investasi lainnya. Sifatnya yang anonim membuat bitcoin dimanfaatkan untuk membeli obat maupun barang terlarang secara on-line.

Dengan adanya empat peraturan ini pula, bisa dibilang bahwa jual-beli Bitcoin sudah legal di Indonesia. Sebab faktanya, dulu Umar bin Khattab pernah berkata, “aku berkeinginan membuat uang dirham dari kulit unta”, lalu dikatakan padanya, “kalau begitu, tidak akan ada lagi unta”, lalu Umar mengurungkan niatnya. Hal ini menandakan bahwa kalaupun kulit unta itu dijadikan alat tukar seperti hal nya dirham pada zaman dulu, itu sah-sah saja.

Pergerakan harga Bitcoin sulit diprediksi sehingga bila ada iming-iming imbal hasil tinggi dari investasi bitcoin maka harus tegas menghindarinya. Kemudian bagaimana hukum melakukan inventasi bitcoin menurut pandangan Islam? Jawabannya hukum berinvestasi bitcoin adalah haram atau tidak sah karena nilai tukar bitcoin sangar fluktuatif yang mengakibatkan keuntungan dan kerugian dalam berinvestasi bitcoin tidak pasti. Dengan cara ini, pengguna bitcoin bisa memanfaatkan keunggulan masing-masing mata uang, tergantung pada kebutuhan mereka. Sebagai contoh, fiat dapat digunakan di toko-toko, sedangkan bitcoin dapat digunakan dengan murah untuk mentransfer uang dari satu negara ke negara lain.

Meski demikian, Huda mengatakan aset kripto ini berbeda dengan komoditas lainnya karena kripto seperti “menjual” teknologi. Huda mengatakan, hal ini berkaitan sistem blockchain yang membuat aset kripto bisa ditransaksikan. Bahkan, sejumlah kalangan analis ragu terhadap mata uang digital untuk bisa menjadi sarana investasi karena tidak ada hal yang bisa dianalisis.

Di setiap trade terdapat daftar coin yang diterima untuk deposit. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat verifikasi di adalah pastikan belum memiliki akun di exchange, memberikan information pribadi yang benar dan akurat, serta memberikan foto yang sesuai dengan KTP. Wallet disediakan exchange atau investor bisa punya pockets sendiri. Sama seperti nasabah yang menyimpan uangnya di bank atau di rumah.

Di Bitcoin berbeda, uang deposit akan disimpan di rekening perusahaan change, misalnya di rekening atas nama Indodax atau TokoCrypto. Untuk melakukan transaksi aset kripto, investor harus memilih ‘pair’ koin yang akan ditransaksikan. Masing-masing aset kripto dapat diperdagangkan & ditransaksikan secara global dan 24/7. Nilai tukar setiap aset ini ditentukan oleh penawaran & permintaan para pelaku pasar perdagangan. Dengan fitur semacam ini, cryptocurrency menjadi aset digital yang dapat digunakan untuk transaksi digital berbasis jaringan internet.