Menjadi Sehat Mental Di Masa Pandemi Dengan Mengasah Kecerdasan Emosional Anak Dan Remaja

Kesehatan psychological menyangkut emosi, psikologi, kehidupan sosial yang berdampak pada kemampuan mengatasi stress, hubungan dengan orang lain dan kemampuan membuat keputusan. Kesehatan psychological ini sangat penting bagi setiap pribadi di semua tahapan perkembangan usia baik anak anak, remaja maupun dewasa. Menurut Anne, bila kesehatan mental anak terjaga dengan baik, pastinya sang buah hati akan memiliki karakter yang positif. Jadi, itulah alasannya mengapa orang tua harus menjaga kesehatan mental Bola Online sang buah hati. Anak yang sehat fisik dan mentalnya biasanya tidak mengalami masalah dalam pola makan. Namun, untuk menjaga kesehatan fisik dan mental buah hati, pastikan mereka mengonsumsi berbagai makanan sehat.

Kesehatan mental anak adalah hal yang penting

Gangguan mental bisa bermacam-macam bentuknya, misalnya ADHD, gangguan perilaku, kecemasan, depresi, hingga sindrom Tourette, oleh karena itu gejala yang terjadi juga berbeda-beda. Keluarga memiliki peranan penting dalam proses pembentukan kesehatan psychological anak. Pola orang tua dalam menghadapi dan menyelesaikan persoalan diturunkan pada anak melalui modelling.

Pencegahan terindikasi, ditujukan terhadap kasus yang mengalami berbagai faktor risiko dalam suatu keluarga yang disfungsional. Produksi hormon testosteron dan hormon estrogen mempengaruhi fungsi otak, emosi, dorongan seks dan perilaku remaja. Apprenticeship, yaitu kemauan untuk belajar dari orang lain untuk meningkatkan kemampuan/keterampilan dalam belajar dan berkarya.

Penelitian ini sendiri mengambil kelompok sampel yang terdiri dari 2.330 anak sekolah untuk mengetahui keadaan emosional mereka selama pandemi. Gangguan kecemasan itu dapat terjadi akibat dari terlalu lama berdiam diri di rumah. Selain itu juga kecemasan yang diperlihatkan oleh orang tua secara tidak langsung memiliki dampak bagi anak-anak. Memiliki kesehatan psychological yang baik adalah kunci untuk perkembangan yang baik pada anak. Anak-anak membutuhkan kesehatan mental agar mereka dapat merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, membangun hubungan yang sehat dengan orang lain dan menikmati hidup.

Menjaga kesehatan pasca kelahiran merupakan hal penting untuk kita perhatikan, baik untuk ibu dan anak. Kesehatan mental seorang ibu menjadi krusial dalam mengasuh, merawat anak dan menjalankan tugasnya sehari-hari secara lebih baik. Tetapi terkait kesehatan mental ini terkadang sering disepelekan, baik oleh pasangan, keluarga, lingkungan dan bahkan oleh ibu itu sendiri. Topik kesehatan mental seorang ibu ini, menjadi tajuk utama pada Webinar Series “Seribu Hari Pertama Kehidupan” yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia , Sabtu (21/11).