Di Indonesia, Transaksi Uang Kripto Dihalalkan Secara Syariah

Dari sisi agama, banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul, apakah Bitcoin bertentangan dengan suatu keyakinan seseorang. Misalnya, Indonesia adalah Negara Islam terbesar dan banyak warga muslim yang mempertanyakan tentang kehalalan Bitcoin tersebut menurut hukum Islam. adalah perusahaan media multi-platform yang berfokus pada perkembangan teknologi Indonesia dan international. Teknologi.id berkomitmen untuk berjalan berdampingan dengan para pengembang, perintis, dan industri untuk membangun ekosistem pengembangan teknologi yang lebih baik. Dikutip dari CNBC Indonesia, MUI menjelaskan Bitcoin memiliki dua hukum terpisah yakni mubah dan haram. “Tidak hanya itu, Bitcoin juga berisiko terhadap stabilitas sistem keuangan apabila terjadi bubble burst karena terdapat interaksi antara virtual forex dan ekonomi riil,” pungkasnya.

Hal ini yang mengharuskan semua uang untuk ditukar “tangan ke tangan”, dan tidak berbasis cadangan fraksional seperti yang diberlakukan dalam sistem perbankan world konvensional non-Islam. Dalam materinya Ellen pun memberikan rekomendasi saham yang menurutnya dapat dipertimbangkan untuk investasi jangka panjang atau pendek. Dalam jangka panjang, investor dapat mempertimbangkan saham HMSP, GGRM, KLBF, TLKM, ASII. Kemudian untuk jangka pendek yang hanya disimpan 6 bulan- 1 tahun ada LSIP, ADRO, INDY, WSKT, PWON, CTRA, RALS, MAPI. Di AS, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa yang baru ditunjuk Gary Gensler mengatakan awal bulan ini bahwa ia berpikir regulator harus “teknologi netral” tetapi Ia menerangkan lebih banyak perlindungan konsumen diperlukan di pasar kripto. Bagian dari alasan pelemahan bitcoin, setidaknya tampak seperti pembalikan sementara dalam teori penerimaan yang lebih luas untuk cryptocurrency. Awal tahun ini, Musk mengumumkan dia membeli Bitcoin lebih dari USD1 miliar untuk produsen mobil listrik miliknya.

“Bitcoin bisa menjadi mata uang paralel, bukan mata uang pengganti,” kata Dr. Wilson. Dalam diskusi ini, kami juga menerima penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana bitcoin dapat mematuhi berbagai aspek perbankan dan keuangan Islam. Sebagai perusahaan yang beroperasi di negara dengan populasi Muslim yang signifikan, BitX sangatlah tertarik kepada bagaimana bitcoin dilihat dari kacamata Islam. Kami sangat beruntung untuk menghabiskan waktu dengan Profesor Emeritus Dr Rodney Wilson, penerima bergengsi 1435H IDB Prize di Islamic Banking & Finance dan anggota fakultas di Universitas Durham dan The Global University of Islamic Finance .

Pada saat melakukan transaksi, sistem bitcoin tidak akan mengungkap identitas individu atau kelompok yang terlibat. Sebaliknya, pengguna bitcoin hanya dapat diidentifikasi oleh kode numerik yang terkadang juga dialihkan dengan beberapa nama samaran. Kemudian, risiko pencucian uang yang dapat dilakukan oleh para penjual maupun pembeli bitcoin, dimudahkan dengan ketiadaan regulasi AML serta prosedur KYC .

Pemalsuan surat izin OJK ini meresahkan masyarakat pengguna aplikasi Pintu sebagai tempat investasi aset digital. Pemalsuan tersebut dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan kepopuleran nama aplikasi Pintu untuk menghimpun dana dari masyarakat, hal ini jelas akan merugikan masyarakat. Pendiri perusahaan teknologi blockchain, Combo Innovation yang berbasis di London, Gurmit Singh mengatakan, total kapitalisasi pasar cryptocurrency mencapai 290 miliar pound sterling. Selain sebagai instrumen investasi, bitcoin ternyata juga diterima untuk bersedekah di beberapa masjid di London, Inggris. Tak hanya Bitcoin, mata uang digital lainnya seperti Ethereum dan Ripple juga disambut oleh pengurus masjid.

Sebaliknya ketika buahnya banyak yang rusak, pembeli dirugikan dan penjual untung besar. Karena andai buah ini tidak segera dia jual, dia akan mengalami gagal panen. Bitcoin sangat labil, sehingga tidak memiliki nilai ketahanan sama sekali.

Dalam catatan itu juga disebutkan bahwa investasi Bitcoin hukumnya haram. Berbeda jika hanya untuk alat tukar, hukumnya mubah bagi yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya. Sebagai catatan, bitcoin bukan alat tukar, sehingga ketika kamu ingin membeli sesuatu maka harus dikonversi dalam bentuk rupiah. Dilansir dari muhammadiyah.or.id, lembaga fatwa Darul Ifta Al-Azhar Mesir merilis hasil kajian mereka pada 28 Desember 2017. Hasil kajian menyebut bahwa bitcoin berstatus haram secara syariat. Jika Anda termasuk yang sedang tertarik untuk memulai investasi Bitcoin atau aset kripto lainnya, saat ini ada banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas investasi tersebut.

Apakah Crypto halal?

meskipun modalnya itu halal, namun ketika digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang mengandung yang haram kemudian mendapatkan keuntungan maka tetap saja keuntungannya menjadi haram,” ujar dia. Dari data tersebut menunjukkan fluktuasi harga Bitcoin sangat berisiko. Hal inilah yang menyebabkan Bank Indonesia terus melarang penggunaan Bitcoin tersebut. Dari chart harga yang ditampilkan Onny, harga Bitcoin yang disebutkan sebelumnya jauh berbeda jika dibandingkan dengan harga satu hari sebelumnya Rp 194,1 juta.

“Bitcoin yang dibayarkan ke Tesla akan dipertahankan sebagai Bitcoin, tidak dikonversi ke mata uang fiat,” jelasnya. Mata uang kripto itu kerap dipertanyakan kehalalannya untuk diinvestasikan. Berbicara faktor keamanan, aplikasi Rekeningku.com menggunakan teknologi Cold Storage untuk menjaga keamanan akun seluruh penggunanya. Sedangkan untuk penarikan cryptocurrency dan rupiah, dapat mendukung lebih dari one hundred twenty bank di Indonesia dan prosesnya diklaim dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 15 menit saja. Untuk melakukan deposit rupiah, pengguna dapat mengunakan berbagai metode seperti digital account, OVO, Dana, dan LinkAja.

Namun, catatan yang perlu disampaikan adalah selagi di dalam praktik tersebut tidak ada unsur spekulasi , maisiri , riba, dan ghabn. BincangSyariah.Com – Investasi merupakan sebuah aktifitas penanaman modal pada sebuah entitas usaha tertentu. Akad yang berlaku, umumnya adalah qiradl, mudlarabah dan syirkah. Namun, dewasa ini, pengertian investasi ini sering dipahami sebagai yang tidak hanya terpaku pada ketiga praktik di atas. Membeli sesuatu sekarang untuk dijual kelak di kemudian hari, sering juga disebut sebagai investasi.