Bitcoin Dalam Perspektif Hukum Islam

Pada akhirnya, Bitcoin dapat berisiko dalam membentuk lingkaran dimana pelaku dan entitas kejahatan memiliki aliran dana yang konstan. Oleh karena itu penggunaan bitcoin sebagai mata uang digital tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah. VIVA– Para ulama di Turki, Arab Saudi, dan Mesir sepakat untuk melarang penggunaan Bitcoin sebagai alat transaksi dan perdagangan.

Setiap pengiriman aset kripto dapat dilakukan pengecekan dengan melihat block confirmation pada blockchain dan juga support chain nya. Setiap trade memiliki batas minimum block confirmation yang berbeda untuk memvalidasi pengiriman aset kripto. Untuk melakukan jual beli, pengguna harus melakukan order di aplikasi atau web site change. Ada beberapa jenis order yang wajib diketahui karena jenis order terkait dengan fee jual beli yang dibebankan trade.

Sementara uang tidak tergantung pada kualitas dan atribut fisik, kecuali dari denominasi yang tertera. Karena itu tidak boleh ada perbedaan nilai antar uang lecek yang sudah berkali-kali berpindah tangan dengan uang kertas contemporary yang baru keluar dari bank. Lebih lanjut ustaz Maksum menjelaskan dalam konsep Islam terdapat prinsip Tafrikul Halal anil Haram. Menurutnya kaidah ini dapat digunakan dalam memisahkan antara pendapatan-pendapatan yang halal dari pendapatan yang haram. Bitcoin sebagai alat tukar hukumnya boleh dengan syarat harus ada serah terima dan sama kuantitas jika jenisnya sama. Jika jenisnya berbeda disyaratkan harus taqabudh secara haqiqi atau hukmi .

Direktur Utama IBM Indonesia, Gunawan Susanto, menjelaskan bahwa manfaat teknologi Blockchain untuk industri perbankan adalah mempercepat transaksi pengiriman uang dari satu negara ke negara lain. Sumardi mengatakan, Stellar merupakan koin kripto pertama di dunia yang mendapat sertifikat halal dari Shariyah Review Bureau , lembaga penasihat syariah internasional. Lembaga yang mendapat izin dari Bank Sentral Bahrain ini memberikan sertifikat halal tersebut pada 17 Juli 2018 lalu.

Apakah Crypto halal?

Dengan begitu, bisa dikatakan kalau pembayaran dengan menggunakan Bitcoin adalah hal yang ilegal dan melawan hukum. Larangan serupa berlaku untuk semua jeniscryptocurrency, tak hanya Bitcoin saja. Setelah kemarin sempat membahas tentang Binomo atau Binary Option, saya mendapat banyak feedback dari teman-teman di kolom komentar, dan alhamdulillah-nya semua positif dan menyambut baik keberadaan rubrik ekonomi syariah di web site INJO ini.