Belum Ada Fatwa Halal Dari Mui, Aman Enggak Ya Investasi Di Bitcoin Cs?

Cara investasi Bitcoin untuk pertama kali, harus benar-benar memahami risiko, keuntungan, pajak, dan cara kerja sistemnya. Bagi pemula, mulailah untuk berinvestasi Bitcoin dengan perlahan. Nah, cara investasi Bitcoin bisa dimulai dengan riset pra investasi dan membuat dompet digital yang diperlukan.

Apakah Crypto halal?

Andai bukan kebijakan masalah kelestarian onta, akan diterbitkan mata uang berbahan kulit onta. Akhir 2018 lalu, Pemerintah juga telah melegalkan Bitcoin sebagai komoditi berjangka. Jadi hukumnya sama, tetap legal untuk membeli dan menjual Bitcoin di Indonesia sebagai aset, seperti halnya pembelian emas dan perak.

termasuk akad yang fasid karena Bitcoin mengandung unsur gharar, maysir, syubhat, dan dharar sebagai obyek jual beli sehingga melanggar ketentuan syariah. Seharusnya Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional tentang Bitcoin. Pertama, tweet dari “Dogefather” Elon Musk yang tiba-tiba balik badan bilang Tesla tidak lagi menerima pembelian dengan menggunakan bitcoin. Dengan alasan mekanisme mining bitcoin sangat boros energi, yang sebagian besarnya di-supply dari sumber yang tidak terbarukan. Hal ini kata Elon, bertentangan dengan filosofi Tesla sebagai produsen mobil listrik yang tujuan utamanya mengurangi penggunaan energi fosil. Walaupun sehari kemudian, statement ini di “revisi” dengan penjelasan kalau Tesla belum berniat untuk melepas simpanan bitcoin nya yang konon nilainya lebih dari 1 Miliar dolar.

Untuk mendapatkan coin, para miners harus melakukan working script untuk verifikasi knowledge transaksi yang tersimpan dalam sebuah blok yang mereka sebut dengan blockchain. Begitu juga penjelasan dari CEO dan Founder HARA Token, Regi Wahyu yang mengatakan bahwa teknologi Blockchain mengintegrasikan belief dan high quality yang akan meningkatkan daya saing perusahaan serta produk halal itu sendiri. “Menjaga Integritas Halal ialah memastikan terpenuhinya nilai kehalalan serangkaian rantai pasok dari hulu sampai dengan hilir untuk menghasilkan produk akhir yang bernilai tambah tinggi. Salah satu contohnya adalah Teknologi blockchain yang berperan untuk mewujudkan ketelusuran produk halal yang akurat dan terpercaya,“ ujarnya, Rabu (4/8). Sehingga berbicara halal tidak hanya sebatas penggunaan non alkohol, proses penyembelihan hewan dan bahan kandungan dalam pembuatan produk makanan, melainkan lebih dari itu adalah bagaimana standar pengolahan dan rantai pasok bahan makanan. “Jika emas dijual dengan emas, perak dijual dengan perak, gandum dijual dengan gandum, sya’ir dijual dengan sya’ir, kurma dijual dengan kurma, dan garam dijual dengan garam, maka jumlah harus sama dan dibayar kontan .

Dengan bitcoin juga, transaksi antar-negara menjadi sangat mudah dan privat karena bitcoin sendiri tidak terikat pada negara, hukum atau regulasi manapun. Sehingga harga bitcoin sulit dipengaruhi oleh inflasi karena sulitnya memproduksi bitcoin dalam jumlah yang sangat besar. Sifat pengadaan barang semacam ini adalah termasuk rumpun akad salam. Jual belinya disebut dengan istilah bai’ maushuf fi al-dzimmah, yaitu jual beli inden barang yang diketahui karakteristiknya dan bisa dijamin pengadaannya. Harta digital maushuf fi al-dzimmah ini pada dasarnya memiliki teori yang sama dengan harta digital asli dasar. Dinamakan dengan istilah maushuf fi al-dzimmah, karena nilai underlying asset–nya tidak ditampakkan.

Tidak seperti pasar saham ataupun komoditi, mata uang kripto tidak memiliki dasar penjualan yang jelas. Artinya, koin kripto kamu bisa tak bernilai jika pengunaannya semakin berkurang. Jika semakin banyak negara atau perusahaan yang memperketat regulasi mereka terkait penggunaan mata uang kripto, maka harganya bisa turun kapan saja. Sikap saling berlomba-lomba mendapatkan aset barang crypto menjadikan daya jual crypto mengalami naik dan turun di bursa berjangka pada setiap menit bahkan detiknya, layaknya pasar saham yang dijual di pasaran bursa berjangka.

“Jika ada badan pengawas formal, kita bahkan tidak tahu di mana untuk menempatkan institusinya tersebut,” canda Dr Wilson mengacu pada sifat stateless bitcoin ini. Hal ini membuat sulit untuk mengatasi kasus penipuan terkait bitcoin. Singkatnya, seorang Muslim yang tertarik untuk menemukan potensi Bitcoin dan keuntungannya, pertama-tama harus menyadari dahulu risiko dan kekurangannya. Ini juga akan memenuhi konsep gharar, konsep keuangan Islam untuk menggambarkan suatu “tidak diketahui, tidak pasti, dan risiko yang berlebihan” yang umumnya dilarang dalam Islam.

Intinya adalah ketika berinvestasi kita tidak pernah benar-benar dapat harga yang dibawah banget. Kalau sudah masuk jangan menyesal selama fundamental perusahaan bagus,” kata Ellen. Contoh bentuk gharar lainnya yang dilarang oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah jual beli ijon. Para penambang bitcoin bisa mendapatkan bitcoin melalui olah script untuk memecahkan algoritma tertentu.