Bagaimana Dampak Gangguan Pendengaran Terhadap Tumbuh Kembang Anak?

Tak lupa, semua hal yang dilakukan dari luar harus diimbangi dengan apa yang dikonsumsi si kecil. Salah satu asupan yang mendukung adalah mengonsumsi susu pertumbuhan untuk anak usia 1 sampai 3 tahun. Perkembangan merupakan maturasi dari fungsi-fungsi tubuh kita, baik itu motorik kasar maupun halus, ada juga bahasa yang reseptif dan ekspresif.

Sedangkan di hari kedua, pembahasan lebih mengarah kepada contoh nyata dalam bentuk studi kasus. Di mana disini peserta diminta untuk lebih banyak menganalisis mengenai permasalahan keterlambatan tumbuh kembang anak. Pertumbuhan yang baik adalah pertumbuhan ukuran fisik sesuai standarnya, baik itu berat panjang atau tinggi dan lingkar kepala. Pada saat pergi ke pelayanan kesehatan baik itu rumah sakit, puskesmas maupun posyandu, mintalah untuk mengukur lingkar lengan atas bagi 6 – 9 bulan.

Peran keluarga utamanya orangtua sangat penting dalam membentuk lingkungan keluarga yang harmonis, penuh kasih sayang, dan pengertian. Pembentukan karakter dan proses tumbuh kembang pertama kali dimulai dari sini. Anak-anak harus dipersiapkan sedini mungkin untuk menjadi penentu kehidupannya nanti. Harus Depo E-money dipersiapkan untuk bisa membuat keputusan sendiri dan tumbuh menjadi pribadi yang kompeten di masyarakat. Proses ini dapat didapatkan sedini mungkin tergantung pada lingkungan tempat tinggal anak dibesarkan. Selain asupan dari makanan sehari-hari, berbagai zat gizi juga bisa didapat dari susu.

Akibat bagi kelompok ini adalah perilaku yang menunjukkan perasaan tertekan , depresi, bunuh diri, melarikan diri ke pemakaian obat-obatan dan minuman keras. Sebagian lainnya dari kelompok ini mengembangkan perilaku yang bersifat apatis. Mereka hanya menjadi penonton pasif dan mencoba bertahan dengan apa yang dimilikinya dan bisa dilakukannya, entah sampai kapan. Keterbatasan komunikasi juga mengisolir peristiwa yang berlangsung di wilayah tertentu. Peristiwa di Banda Aceh, misalnya, akan lama sekali sampai pemberitaannya di Merauke, Irian Jaya. Namun, berkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjelang abad 21, jarak tampaknya tidak lagi menjadi masalah.

‘Teman’ dan ‘pesaing’ orang tua menjadi bertambah, sebab lingkungan memang tidak hanya terdiri dari dukungan atau penguat pesan-pesan dan nilai yang ditanamkan orang tua, tetapi juga menjadi penghambat dan pengganggu penerimaan pesan dan nilai tersebut. Pertumbuhan dan perkembangan otak juga terjadi sangat pesat pada usia anak di bawah 2 tahun, pada fase ini disebut dengan periode kritis perkembangan, dan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan terapi bila ada gangguan. Berdasarkan penelitian, angka kejadian gangguan tumbuh kembang anak di Indonesia cukup tinggi.

Ekspektasi kita tentunya perkembangan si kecil bisa dilihat sesuai dengan milestone yang ada. Merebaknya berbagai kasus perlindungan anak tentu saja memprihatinkan kita semua. Keluarga sebagai institusi utama dalam perlindungan anak ternyata belum sepenuhnya mampu menjalankan peranannya dengan baik.

Banyak terjadi permasalahan dalam tumbuh kembang anak

Pastikan untuk berbicara dengan dokter jika Anda melihat anak Anda menunjukkan gejala keterlambatan perkembangan. Semakin cepat Anda dapat mendiagnosis keterlambatan perkembangan anak, maka masalah tersebut bisa ditangani. Meskipun faktor-faktor tersebut sangat sering terjadi, tetapi penyebab sebenarnya yang mengakibatkan tahap perkembangan ini belum dapat ditentukan dengan pasti.

Antusiasme dari para peserta workshop yang begitu besar dan diikuti oleh masih kurangnya informasi dalam mengenai tumbuh kembang anak saat ini membuat PPT merasa perlu untuk mengadakan kegiatan serupa lagi di tahun depan. “Mungkin ke depannya plannya lebih besar lagi cuma memang belum tahu akan membahas mengenai anak lagi atau bukan”, ujar Lily Marlina M.Psi.,Psikolog. Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga.